4 Tips Ini Wajib Anda Utarakan Ketika Sedang Meminta Maaf

Memang manusia tidak bisa luput dari yang namanya kesalahan yang mereka buat secara sengaja mau pun tidak dengan sengaja. Namun sehabis melakukan kesalahan, sejak kecil orang tua sudah mengajarkan untuk meminta maaf pada orang yang merasa dirugikan karena ulah kita. Saat ini banyak orang yang beranggapan bahwa meminta maaf hanyalah sekedar mengucapkan kata maaf tanpa ada arti sebenarnya. Tapi hal itu tidaklah benar, karena mungkin orang yang merasa dirugikan tidak berpikir bahwa kita benar-benar meminta maaf padanya. Untuk itu, Anda wajib mengutarakan 4 tips terpenting untuk membuat orang tersebut memaafkan Anda. Berikut adalah hal penting tersebut:

  1. Mengaku Salah
Hal ini adalah yang terpenting yang harus diutarakan saat meminta maaf. Anda harus mengakui bahwa Anda itu salah atau melakukan sebuah kesalahan dan jangan ngotot bahwa Anda sebenarnya betul, namun orang itu beranggapan yang salah. Dengan mengakui kesalahan, Anda dapat memberikan kesan bahwa yang sedang dilakukan adalah benar-benar tulus dari hati yang terdalam. Lalu Anda juga harus mengatakan maaf untuk beberapa akibat yang timbul atau menimpa orang tersebut karena kesalahan Anda. Berilah empati padanya dan ikut merasakan apa yang dirasakan orang tersebut.

  1. Memberi Penjelasan
Setelah Anda mengaku bahwa apa yang dilakukan adalah salah, maka jelaskan juga kepadanya tentang bagaimana hal itu dapat terjadi secara rinci dan sebenar-benarnya. Jangan membuat cerita yang berlawanan dengan kenyataan hanya untuk menyelamatkan harga diri Anda dan membuat Anda terkesan benar. Berilah penjelasan yang cukup transparan dan memberikan sebuah gambaran agar orang itu pun dapat memahami dengan jelas apa yang sebenarnya telah terjadi.

  1. Tunjukkan Penyesalan
Menunjukan penyesalan Anda sangat penting saat meminta maaf. Jika tidak, maka Anda pun dapat dikira tidak meminta maaf dengan tulus dan hanya sekedar pencitraan saja. Dengan menunjukan rasa menyesal dan berjanji tidak akan melakukannya kembali di masa mendatang akan membuat Anda terdengar lebih tulus dan sungguh-sungguh. Sesudah itu, Anda juga harus menunjukkan rasa bersalah Anda kepada orang tersebut dan meminta maaf atas semua yang menimpanya. Maka orang tersebut pun akan memaafkan Anda dengan ikhlas.

  1. Memberikan Solusi
Setelah meminta maaf dan menunjukan rasa bersalah dan rasa penyesalan, untuk membuatnya lebih efektif, Anda harus memberikan solusi atau jalan keluar dari masalah yang ditimbulkan sebagai bentuk tanggung jawab serta permintaan maaf yang sebenarnya. Hal ini jauh lebih efektif dari pada hanya sekedar berjanji untuk tidak melakukannya kembali dan tidak melakukan suatu tindakan berarti. Dengan adanya solusi tersebut, maka Anda pun akan membuat orang tersebut merasa lebih lega dan ringan dan Anda pun juga akan merasa hal demikian.


4 Tips Ini Wajib Anda Utarakan Ketika Sedang Meminta Maaf 4 Tips Ini Wajib Anda Utarakan Ketika Sedang Meminta Maaf Reviewed by rijal syamsur on January 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Bisnis Yang Bisa Dijalani Dari Rumah

Saat ini memang semakin banyak sekali berbagai macam pilihan bisnis dan juga usaha yang bisa dijalani. Bahkan mereka para mahasiswa, atau...

Powered by Blogger.